Selasa, 09 Agustus 2016

Tips

Tips Sehat Bagi Pecinta Kopi

Minum kopi adalah kenikmatan tersendiri bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Kopi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, tapi jika dikonsumsi berlebihan maka akan menimbulkan efek negatif. Oleh karena itu wajib Anda perhatikan tips-tips berikut agar tetap sehat dengan mengkonsumsi kopi.

 

1.Perhatikan Dosis
Sebenarnya belum ada dosis yang tepat untuk mengkonsumsi kopi. Namun, kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi setiap hari tidak memberikan efek negatif pada kebanyakan orang sehat yang mengkonsumsinya.
2. Sinyal Bahaya
Menikmati kopi memang terasa sangat nikmat, maka dari itu Anda harus kenali sinyal bahaya yang disebabkan kopi sehingga Anda tahu kapan harus berhenti meminum kopi. Sinyal bahaya tersebut antara lain: gelisah, jantung berdebar, adanya gangguan tidur dan tidak stabilnya mood Anda (misalnya cepat marah).
3. Dengarkan Respon Tubuh
Setiap orang memiliki batasan masing-masing mengenai jumlah kafein yang dikonsumsi. Sebagian orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Tapi ada juga yang mengalami efek buruk dari konsumsi kopi dengan jumlah yang sama. Ada yang mengatakan bahwa setelah mengkonsumsi secangkir kopi menyebabkan orang tersebut tidak dapat tidur sepanjang malam, begitupun sebaliknya, ada yang tetap tertidur setelah meminum secangkir kopi. Jadi, cara terbaik adalah dengan mendengarkan respon tubuh sendiri.
4. Mengetahui Kandungan Kafein
Selain Anda harus mengetahui dosis dan respon tubuh terhadap kopi, ada baiknya Anda juga mengetahui kandungan kafein di dalam produk yang biasa Anda konsumsi. Agar tidak melebihi dosis yang dianjurkan, setelah meminum kopi, jangan sampai Anda mengkonsumsi produk-produk lain yang mengandung kafein, sehingga merasakan efek buruk kopi. Beberapa produk lain yang mengandung kafein harus diperhatikan seperti minuman ringan, permen kopi, teh, dan coklat.
Setiap kopi memiliki isi kafein yang berbeda. Sebagai contoh dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa isi kafein dalam secangkir kopi di Starbucks berbeda dengan jenis dan ukuran cangkir yang sama di Dunkin Donuts.
5. Campuran Kopi
Lima miligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kalsium yang hilang ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu ke dalam kopi atau membuat espresso latte. Campuran kopi dengan krim sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori berlebih. Kafein juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Bagi mereka yang minum obat, sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter.
Banyak yang mengatakan bahwa teman terbaik kopi adalah rokok. Eits, jangan salah. Seorang peminum kopi sejati tidak merokok! Rokok dapat mengurangi nikmatnya kopi.
6. Kelompok Anti-Kopi
Ada beberapa kategori yang sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi, antara lain wanita yang sedang hamil, orang tua, anak-anak, orang yang memiliki penyakit jantung dan hipertensi. Jadi, jika Anda merasa termasuk dalam salah satu kategori tersebut, sebaiknya Anda menghindari kopi sekarang juga.
7. Lakukan pemeriksaan
Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan Anda, dalam hal ini adalah untuk mengukur tekanan darah.
Demikianlah tips mengkonsumsi kopi dengan sehat, jika masih mengalami keluhan, hubungi dokter.

sumber : segiempat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar